Tuesday, November 24, 2015

7 Cara Paling Efektif Hilangkan Stres, Tak Perlu ke Spa atau Liburan

Tiap-tiap orang pasti sempat mengalami stres. Baik itu lantaran masalah tugas, percintaan atau keluarga. Jikalau stres dibiarkan berlarut-larut, tidak ayal sanggup menciptakan kesehatan fisik ataupun psikis menurun & berujung terhadap depresi.
 
 Berangkat ke spa atau rekreasi mampu jadi kiat utk meredakan stres. Namun ada trik lain yg lebih murah & gampang. Kamu bahkan tak butuh mengeluarkan duit. Ini tujuh kiat paling baik buat mengusir stres, seperti dikutip dari Huffington Post.

1. Cari Hawa Segar
Keluarlah di pagi hri buat memperoleh hawa segar. Penelitian menyatakan bahwa produksi vitamin D dalam badan yg dipicu oleh paparan sinar matahari pagi mampu meningkatkan hormon bahagia serotonin. Menikmati pemandangan, suara-suara & aroma pagi di kira kira pun dapat mengalihkan pikiran Kamu dari kekhawatiran. Tak sanggup ke luar rumah sebab tinggal di perkotaan yg sibuk & tertahan? Tempatkanlah sekian banyak tanaman di rumah atau apartemen Kamu. Studi yg dilakukan Washington State University menemukan, menyimpan tanaman di dekat meja kerja bakal menurunkan tekanan darah, yg artinya stres menjadi menyusut.

2. Laksanakan Tradisi Menyenangkan
Tiap-tiap harinya, tentu ada satu adat yg kita sukai. Entah itu mandi air hangat sebelum tidur, mendengarkan musik idola dalam perjalanan ke kantor, melihat serial drama atau menggandeng anjing peliharaan jalan-jalan di pagi hri. Ketika stres, lakukanlah kebiasaan yg menyenangkan utk Kamu dikarenakan sanggup menciptakan hati & pikiran lebih slow.
"Tubuh kita dengan cara alami membutuhkan tradisi, & dgn konsentrasi kepada ritual harian, Kamu berarti meningkatkan kebolehan badan utk mengatasi masalah fisik yg disebabkan stres," tutur Christy Matta, terapis & penulis The Stress Response.

baca juga : tips cara mudah menghilangkan stress


3. Utk Tangan/Kaki Sibuk
Apabila otak tak mampu mogok memikirkan hal-hal negatif, itu lantaran stres menyukai menciptakan pikiran Kamu berantakan. Utk mengatasinya, alihkan otak Kamu dari pikiran negatif bersama jalankan kegiatan fisik yg melibatkan tangan, kaki atau bidang badan yang lain. Contohnya menggambar, merajut atau panjat tebing. Diwaktu badan Kamu mulai sejak asyik bersama kegiatan yg berulang-ulang, sinyal bakal dikirimkan ke otak biar jadi lebih relaks dgn seketika.

4. Bayangkan Lokasi yg Kalem
Bayangkan ruang yg kira-kira dapat menciptakan Kamu kalem. Contohnya pantai dgn pemandangan laut biru, pegunungan atau taman bunga beraneka ragam warna. Setelah Itu tutup mata, konsentrasi kepada pernapasan & bayangkan Kamu berada di area tersebut. Melaksanakan selagi sekian banyak menit tiap-tiap hri. Penelitian dari University of California, Los Angeles menunjukkan bahwa badan bakal memproduksi lebih sedikit hormon stres (kortisol) kala otak membayangkan ruangan yg indah & menenangkan.

5. Mandi
Air punyai resiko menenangkan badan & pikiran lantaran mengingatkan kembali bakal sensasi nyaman saat berada di rahim ibu. Mandi di bath tub lebih efektif menghilangkan stres, tetapi mandi di bawah shower pula punyai dampak meredakan stres. Mengisi bath tub Kamu bersama air hangat, tuangkan sekian banyak tetes minyak aromaterapi atau nyalakan lilin wangi. Memilih keharuman lavender atau melati sebab berkhasiat menenangkan & mengurangi stres.

6. Ekspresikan Rasa Syukur
Jumlahnya penelitian sudah mengungkapkan dampak positif dari mengekspresikan rasa bersyukur. Waktu meneliti gerakan otak, peneliti di National Institutes of Health menemukan bahwa partisipan yg tak segan menunjukkan rasa bersyukur & trimakasih, tingkat gerakan di hypothalamusnya lebih tinggi. Hypothalamus yaitu sektor dari otak yg berperan gede memengaruhi tingkat stres. Rasa syukur pula mengaktifkan hormon dopamin yg bertugas mengirimkan rasa menyukai ke otak. Bagaimanakah mengungkapkan rasa syukur? Dapat bersama menuliskan hal-hal positif yg Kamu alami di notes mungil, jurnal, atau mengucapkan makasih pada rekan & keluarga lantaran telah ada utk Kamu.

7. Olahraga
Fitnes, olahraga atau gerakan fisik intens yang lain bakal meningkatkan produksi hormon endorphin yg dapat menciptakan perasaan Kamu tambah baik. Hormon ini pula bertugas mengatur ritme tidur, menurunkan gejala depresi, meningkatkan energi juga menolong Kamu konsisten kalem & lebih konsentrasi diwaktu menghadapi stres. Memilih type olahraga yg Kamu sukai & cari jadwal yg sedikit lengang dari etika kerja.

No comments:

Post a Comment